Dibalik Megahnya Garuda Wisnu Kencana

- 17 Juli 2022, 13:21 WIB
Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.
Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. /Instagram/@gabrielajoseph


kliksumbawabesar.com - Pulau Dewata Bali memang sudah sejak lama dikenal sebagai surga dunia dan destinasi favorit, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Pesona Bali semakin membanggakan apalagi setelah terpilih sebagai tuan rumah acara Global High Level Conference (G20 Summit). Seperti yang kita ketahui KTT G20 ini adalah puncak acara Kepresidenan G20 Indonesia yang digelar November mendatang.

Salah satu tempat wisata populer di Bali, yakni Garuda Wisnu Kencana (GWK) cultural park akan menjadi salah satu tempat untuk jamuan makan malam para delegasi konferensi tingkat tinggi (KTT) G20.

Tempat wisata yang memiliki patung karya seniman Nyoman Nuarta ini akan dikunjungi saat kegiatan pada 15-22 november 2022 mendatang.

Tak hanya menjadi tempat wisata yang berperan penting di mata dunia, Patung GWK di Badung ini juga memiliki sejumlah fakta unik yang menjadi daya tarik. Adapun beberapa fakta menarik dari Patung GWK:

Baca Juga: Francesco Bagnaia Pujian Saya Tulus

Dilansir dari web resmi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, patung GWK menggambarkan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. dalam mitologi Hindu Dewa Wisnu dianggap
sebagai pelindung alam semesta. Dewa Wisnu didampingi oleh hewan Garuda yang melambangkan bentuk kesetiaan dan pengabdian. sementara itu Kencana berarti emas dan keduanya di hiasi dengan mahkota mosaic emas.

Tak hanya itu Garuda juga merupakan lambang negara Indonesia dan mewakili kebebasan. Patung dan alas Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 121 meter dengan lebar 46 m berkat rentang sayap Garuda. sebagai perbandingan, patung GWK mengalahkan tinggi Patung Liberty di New York Amerika Serikat yang mencapai 93 m

Oleh karena itu patung GWK termasuk dalam daftar patung tertinggi di dunia tepatnya di posisi ketiga setelah Statue of Unity di India dan spring Temple Budha di Cina.

Baca Juga: The Jakmania Ledek Rans Nusantara

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah