Rusia Lanjutkan Proyek Raksasa di Indonesia

- 21 Juli 2022, 14:40 WIB
Rusia Lanjutkan Proyek Raksasa di Jawa timur
Rusia Lanjutkan Proyek Raksasa di Jawa timur /Russian Ministry of Defense/

 

kliksumbawabesar.com - Meskipun Rusia kini tengah dilanda peperangan dengan ukraina, Namun hal itu pun ternyata tidak mengganggu atau bahkan menghentikan proyek raksasa, yang kini tengah digenjot Indonesia dan Rusia, di provinsi Jawa Timur.

Di tengah memanasnya situasi geopolitik internasional, terutama sejak terjadinya serangan Rusia terhadap Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu, Indonesia masih menjalin kerja sama dengan Rusia. senilai 16 miliar USD atau setara dengan sekitar 240 triliun rupiah.

Perlu diketahui, Rusia sendiri sebenarnya cukup aktif melakukan transaksi perdagangan dan investasi dengan Indonesia. Data Kementerian Investasi/BKPM menyebutkan, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, investasi Rusia ke Indonesia mencapai USD46,82 juta setara Rp671,4 miliar.


Investasi tersebut berada di 5 sektor yakni industri kimia dan farmasi, hotel dan restoran, real estates, perdagangan dan layanan dan lain-lain. Investasi Rusia ini tersebar di wilayah Bali dan Nusa Tenggara sebesar 57,3%, Sumatera 34%, Jawa 7,3% dan Kalimantan 2,4%.

Baca Juga: Kabar Gembira Untuk Para Aremania di Seluruh Dunia Terbaru

Salah satu investasi Rusia di Indonesia yang kini sedang dijalani ialah Proyek Raksasa Kilang bahan bakar minyak (BBM) baru (Grass Root Refinery/ GRR) Tuban, Jawa Timur.

Adapun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan gas bumi asal Rusia yang berinvestasi di proyek kilang minyak ini yaitu Rosneft. Rosneft bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) membentuk perusahaan patungan yang diberi nama PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP).

Kilang ini memiliki kapasitas 300 ribu barel per hari dan kualitas produksi gasoline hingga avtur dengan hasil berstandar Euro V, sehingga digadang-gadang bakal meningkatkan kemandirian energi dalam negeri.


Pembangunan Kilang ini sempat menjadi perbincangan karena membuat warga setempat jadi miliarder karena ganti untung akibat pembayaran penggantian lahan untuk kilang ini.

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah