Indonesia Digugat ke WTO

- 5 Agustus 2022, 20:20 WIB
Indonesia Digugat ke WTO
Indonesia Digugat ke WTO /ANTARA


kliksumbawabesar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menghadapi gugatan Uni Eropa setelah Indonesia menghentikan ekspor nikel. Gugatan Uni Eropa diajukan di World Trade Organization (WTO).

"Saya sampaikan silahkan digugat, akan saya hadapi. Indonesia akan hadapi," tuturnya, acara Silaturahmi Nasional PPAD 2022, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Dia melanjutkan bahwa pemerintah sudah menyampaikan alasan-alasan yang logis kepada WTO terkait stop ekspor nikel. Dirinya meyakini bahwa gugatan tersebut dimenangkan Indonesia.

"Barang-barang kita sendiri, nikel-nikel kita sendiri, kenapa Uni Eropa ramai dan menggugat. Karena industri baja mereka tidak ada memasok bahannya. Industrinya sekarang beralih ke Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Kapten Kapal Tanker Asal Indonesia Diduga 'Dikerangkeng' di China

Selain nikel, Jokowi juga menegaskan bahwa ekspor bahan mentah timah dan bauksit akan segera dihentikan.

"Setelah Nikel distop, walaupun belum rampaung di WTO. Kita akan stop tahun ini mungkin timah atau bauksit stop," tuturnya.

Dirinya pun memerintahkan BUMN, swasta untuk bekerjasama mengolah timah dan bauksit di dalam negeri. Jika belum ada teknologi yang mumpuni, bisa dikerjasamakan dengan pihak lain.

"Kalau belum siap ambil partner asing tidak apa-apa, kenapa kita alergi. Tapi pabrik industrinya ada di dalam negeri," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini