Sektor Pertanian Masih Jadi Andalan Pertumbuhan Ekonomi RI

- 8 Agustus 2022, 17:17 WIB
infrastruktur pertanian
infrastruktur pertanian /Kamsari/Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

kliksumbawabesar.com - Pemerintah saat ini diketahui tengah melakukan upaya peningkatkan produksi dan hilirisasi tanaman sorgum.

Pemerintah juga turut mengembangkan tanaman pengganti gandum untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2022 tumbuh 5,44 persen. Sektor pertanian menjadi salah satu lapangan usaha yang berkontribusi paling besar bagi pertumbuhan ekonomi.

Mengutip data BPS, besaran distribusi dan andil pertanian yang mencapai 12,98 persen atau tumbuh sebesar 1,37 persen. Pertumbuhan itu tidak terlepas dari pertumbuhan Nilai Tukar Pertani (NTP) yang mencapai 3,20 persen dan berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat.

Baca Juga: Getaran Gempa Mengguncang Pesisir Barat Lampung 8 Agustus 2022

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian selama tiga tahun terakhir merupakan bantalan ekonomi yang tumbuh positif disaat sektor lainya mengalami pelambatan. Menurutnya, hal itu terjadi karena pertanian adalah pilihan pasti dalam memperkuat ekonomi.

Indonesia juga termasuk negara yang dinilai sangat kecil mengalami kemungkinanya resesi karena angkanya hanya 3 persen berdasarkan data BPS. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Srilangka yang berpeluang resesi sebesar 85 persen atau selandia Baru 33 persen.

salah satu faktornya merupakan konsistensi RI dalam menyediakan pangan yang cukup. Sebagai catatan, produksi beras nasional pada tahun 2019 mencapai 31,31 juta ton, meningkat di tahun 2020 menjadi 31,36 juta ton dan di tahun 2021 sebesar 31,33 juta ton.

Di sisi lain, ekspor pertanian dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan yang diikuti kenaikan NTP maupun NTUP. sektor pertanian merupakan aspek penting dalam menunjang kehidupan manusia, karena di Indonesia 270 juta jiwa yang membutuhkan makanan setiap harinya, dan Pertanian adalah penjaga dari semua pintunya ekonomi Indonesia.

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

x