PLBN Indonesia Disulap Cantik, Tumbuhkan Ekonomi Perbatasaan

- 11 Agustus 2022, 16:37 WIB
PLBN Indonesia Disulap Cantik, Tumbuhkan Ekonomi Perbatasaan
PLBN Indonesia Disulap Cantik, Tumbuhkan Ekonomi Perbatasaan /Kamsari/Dok. Birkom Publik Kementerian PUPR


kliksumbawabesar.com - Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan pembangunan pos lintas batas negara sedang berjalan.

Nantinya, lokasi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai batas negara, namun juga didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Pos lintas batas negara atau disingkat PLBN adalah wujud komitmen Pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan.

Nawacita presiden joko widodo menjadi salah satu landasan kuat dalam membangun kawasan perbatasan indonesia.
Baca Juga: Ducati Jadi Mesin Impian, Valentino Rossi Realistis Tak Mau Jerumuskan Tim Mooney VR46 Ke Jurang Yamaha

Untuk pelaksanaanya pemerintah telah mengeluarkan inpres nomor 6 tahun 2015 tentang percepatan pembangunan tujuh pos lintas batas negara terpadu dan sarana prasarana penunjang di kawasan perbatasan.

Pengembangan PLBN ini tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia sebagai bangsa besar, namun hal terpenting adalah fungsi pertahanan dan keamanan sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan.

PLBN terpadu pada dasarnya adalah tempat pemeriksaan sekaligus pelayanan keluar masuk orang dan barang menggunakan paspor atau pas lintas batas.

sejatinya pembangunan PLB N terpadu dilakukan demi meningkatkan fungsi pos pemeriksaan lintas batas yang memberikan pelayanan di bidang keimigrasian kepabeanan, karantina, keamanan dan administrasi pengelolaan.
 

PLBN terpadu menjadi sistem utama dalam melayani masyarakat perbatasan khususnya yang berhubungan dengan lintas batas.

Pembangunan PLBN juga memiliki fungsi pertahanan keamanan tak lepas dari nilai manfaatnya yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

Manfaat nyata dari pembangunan PLBN dapat dirasakan oleh warga di sekitar PLBN terpadu aruk kabupaten sambas kalimantan barat. Plbn ini berbatasan dengan serawak yang merpakan salah satu kota negara malaysia yang merupakan pasar potensial bagi masyarakat sekitar.

PLBN aruk menggalakkan usaha mikro kecil dan menengah. Di sekitar kawasan tersebut terdapat kios-kios dan pasar yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Adapun saat ini, Kementerian PUPR tengah mempercepatnya pembangunan PLBN terpadu Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Saat ini progres fisik pembangunan PLBN terpadu Jagoi Babang mencapai 89,21 persen.

Pekerjaan ini dimulai pada November 2020 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2022 dengan anggaran bersumber APBN tahun 2020-2022 sebesar Rp209,14 miliar.
Baca Juga: Resep Nasi Goreng Ikan Asin & Petai

Diketahui, dalam satu minggu jumlah pelintas yang melintasi PLBN Jagoi Babang ini mencapai 100-150 orang.

PLBN terpadu Jagoi babang ini merupakan beranda terdepan indonesia karena hanya berjarak sekitar 60 km dengan ibu kota negara bagian sarawak, malaysia timur, yang dapat ditempuh hanya dengan 1,5 jam.

Pembangunan PLBN Terpadu Jagoi Babang merupakan salah satu bagian dari program pembangunan 11 PLBN yang diatur dalam Inpres No. 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan ***.

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

x