Karya Anak Bangsa, Inilah Tol Terpanjang Di Dunia Pertama Di Atas Laut

- 28 Agustus 2022, 23:08 WIB
Karya Anak Bangsa, Inilah Tol Terpanjang Di Dunia Pertama Di Atas Laut
Karya Anak Bangsa, Inilah Tol Terpanjang Di Dunia Pertama Di Atas Laut /YouTube Update Pro

 

 

kliksumbawabesar.com - Jalan tol Bali Mandara adalah nama jalan tol pertama yang ada di Bali sekaligus sebagai jalan tol terapung pertama di Indonesia. Jalan tol yang memukau ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut.

Sejarah pembangunan jalan tol ini sangatlah penting pembangunan tol di atas laut tentu menimbulkan perdebatan yang panjang. Apakah pembangunan tol aman dilakukan atau tidak hal ini terus menjadi perbincangan.

Pada awal perencanaannya jalan tol ini sebenarnya tidak akan dibangun di atas laut dikarenakan tradisi masyarakat Bali yang tidak memperbolehkan adanya bangunan yang dibangun lebih tinggi daripada pura yang ada disekitarnya, padahal disekitar lokasi tol yang akan dibangun terdapat pura-pura yang cukup banyak.

Lantas Bagaimana mungkin jalan tol ini akan dibangun? karena masyarakat Bali tidak mengizinkan ada jalan tol yang membentang melebihi ketinggian pura. Maka tol tersebut kemudian direncanakan untuk dibangun membentang di atas laut.

seperti itulah cerita awal mula tentang pembangunan jalan tol Bali Mandara yang akhirnya dibangun di atas laut dan menjadi jalan tol yang bersejarah.

Baca Juga: Legenda Balap Sebut Bagnaia Panaskan Persaingan Gelar Juara MotoGP 2022

Dan Siapa sangka, Jalan Tol sepanjang 12,7 Km terpanjang diatas laut itu hasil karya anak bangsa menyuguhkan fasilitas publik yang dibangun untuk memudahkan akses masyarakat ke berbagai tempat.

Jalan tol sepanjang 12,7 Km memang berbayar, namun dengan fasilitas yang dimiliki berhasil menjadi pilihan pengguna jalan karena dapat memotong waktu tempuh sekaligus bisa terhindar dari kemacetan Jalan Raya.

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

x