Pemerintah Rampungkan Proyek Tol Jakarta - Bandung, Bisa Jadi Solusi Macet

- 24 Agustus 2022, 11:54 WIB
Ilustrasi proyek tol
Ilustrasi proyek tol /



kliksumbawabesar.com - Mobilitas masyarakat di dua kota besar yakni Jakarta-Bandung bisa dibilang jadi salah satu rute mobilitas yang cukup tinggi di Pulau Jawa.


Karenya tak heran, jika pembangunan sejumlah infrastruktur terus digenjot hingga saat ini, salah satunya penggarapan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan. Tol ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif menuju kota bandung dan sebaliknya.

Untuk diketahui, proyek tol Japek II Selatan ini masuk dalam salah satu proyek strategi nasional (PSN). Tujuannya sendiri adalah untuk mengurangi beban lalu lintas di jalur Japek I yang kerap macet pada hari dan jam-jam tertentu.

Dalam pembangunannya, konsesi tol japek II selatan ini melibatkan PT Jasa Marga dengan kepemilikan 80 persen, dan PT Wira Nusantara Bumi dengan kepemilikan 20 persen.

Baca Juga: Timnas Vietnam Memutuskan MUNDUR dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Secara keseluruhan, anggaran yang digelontorkan untuk membangun ruas tol ini mencapai Rp 14,69 triliun. Sedangkan untuk pembebasan lahan atau pengadaan tanah mencapai Rp 10,86 triliun.

Dengan besar anggaran tersebut, seberapa menjanjikan pembangunan tol Japek II Selatan?

Mengutip keterangan pihak Jasa Marga, tol Japek II Selatan memiliki panjang lintasan 62 kilometer dan terdiri dari tiga seksi.

Yakni seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 kilometer, masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Gara-gara Andrea Dovizioso Pensiun, Bos Yamaha RNF Jadi Teringat Valentino Rossi

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

x