Fakta Menarik Dibalik Pembangunan Proyek Tol Yogyakarta-Bawen

- 25 Agustus 2022, 11:43 WIB
Ilistrasi Fakta Menarik Dibalik Pembangunan Proyek Tol Yogyakarta-Bawen
Ilistrasi Fakta Menarik Dibalik Pembangunan Proyek Tol Yogyakarta-Bawen /Pexels/Pixabay


kliksumbawabesar.com - Selain proyek tol solo-yogyakarta dan sebaliknya, masih ada satu proyek tol lagi di wilayah sama yang sedang digarap pemerintah untuk mempercepat rute mobilitas masyarakat antar provinsi, yakni Tol Yogyakarta-Bawen.

Dibalik Fakta Pembangunan Tol yogyakarta bawen Jika tol Solo-Yogyakarta diproyeksikan dapat memangkas waktu tempuh dari yang tadinya 1,5 jam menjadi 20 menit, tol Yogyakarta-Bawen diharapkan dapat memangkas waktu temput yang tadinya berkisar antara 3 jam menjadi 1,5 jam.

Baru dimulai proses pembangunannya, tahap groundbreaking untuk memulai konstruksi dari penggarapan tol Yogyakarta-Bawen sendiri dimulai pada tanggal 30 Maret 2022 lalu.

Akan melintas antar provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, proyek tol ini disebut akan didukung investasi yang cukup besar mencapai Rp14,26 triliun.

Baca Juga: Balikpapan Ludes Di Terjang Banjir, Warga menjerit

Dirjen bina marga menyebutkan, pembangunan jalan tol ini harus mampu memberikan dorongan perkembangan ekonomi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bicara mengenai jarak, secara keseluruhan tol Yogyakarta-Bawen akan akan memiliki panjang lintasan 75,82 kilometer. Dengan detail 68,17 kilometer ruas tol berada di kawasan Jawa Tengah, sedangkan 7,65 kilometer berada di ruas tol provinsi Yogyakarta.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam konsorsium pembangunan tol ini adalah PT Jasamarga Persero Tbk. PT Adhi Karya Persero Tbk, PT PP Persero Tbk, PT Waskita Karya Persero Tbk dan PT Abipraya Persero.

Mengutip ketarangan di laman Binarmarga, nantinya tol Yogyakarta-Bawen ini akan memiliki enam seksi yang terdiri dari:

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x