Tonggak trans jawa, inilah perkembanngan proyek tol probolingga banyuwangi

- 27 Agustus 2022, 18:21 WIB
Tonggak trans jawa, inilah perkembanngan proyek tol probolingga banyuwangi
Tonggak trans jawa, inilah perkembanngan proyek tol probolingga banyuwangi /



kliksumbawabesar - Dari sekian banyak proyek tol yang sedang berjalan di Indonesia, ada satu yang juga tak kalah penting untuk diikuti perkembangannya, yakni ruas tol Probolinggo-Banyuwangi.

Ruas tol satu ini terbilang penting, mengingat Probolinggo sendiri menjadi lokasi akhir dari tol Trans Jawa yang saat ini sudah beroperasi.

Untuk bisa sampai di titik paling timur pulau Jawa, masih diperlukan penyelesaian ruas Probolinggo-Banyuwangi. Namun hingga kini, pembangunannya sendiri masih dilakukan dan perlu bersabar menanti penyelesaiannya.

Untuk diketahui, ruas Probolinggo-Banyuwangi sendiri pertama kali diresmikan pembangunannya pada tahun 2017.

Baca Juga: Antony Maguire Dicadangkan Lagi

Saat itu, penandatanganan kesepakatannya bersamaan dengan proyek tol ruas Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, yang diproyeksi dapat membuat Jakarta-Bandung dapat ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

Dua pembangunan tol tersebut masuk dalam Proyek Strategi Nasional (PSN) 2022, yang artinya akan dikebut hingga maksimal tahun 2025 mendatang.

Dalam perancangan awalnya, ruas tol Probolinggo-Banyuwangi diproyeksi akan memiliki panjang sekitar 171,51 kilometer. Sedangkan biaya investasi yang digelontorkan mencapai Rp23,39 triliun, dengan biaya konstruksi sebesar Rp17,10 triliun.

Secara keseluruhan, Probolinggo-Banyuwangi akan memiliki enam seksi yang terdiri dari:

Halaman:

Editor: Ahmad Badar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

x